Mengenal Jenis Cucak Ijo Plus Gambar

Jenis Cucak Ijo - Cucak ijo merupakan burung kicauan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Unggas kicauan yang tergolong burung papan atas ini memang mempunyai segala keunggulan yang sangat jempolan dan tidak sulit untuk mengenali burung ini. Ciri khas yang terdapat pada burung ini adalah warna hijau yang sebagian besar menutupi tubuhnya, dan bagian bawah paruhnya berwarna hitam. Warna hijau mudah nampak pada burung cucak ijo, sehingga burung ini terkesan lebih segar dan indah tampilannya.

Tahun ini pamor burung cucak ijo meningkat drastis,hal ini di buktikan tentang banyak kata pencarian di Google yang mencari informasi seputar burung cucak ijo ini. Dan banyaknya juragan pemula yang terjun menekuni bahkan membudidayakan burung cantik cucak ijo ini. Selain itu juga bisa dilihat dari sekian banyaknya kejuaraan dan kontes latber yang kerap diadakan di berbagai
daearah kota.

http://caramerawatmuraibatu.blogspot.com/2016/02/mengenal-jenis-cucak-ijo-plus-gambar.html
Jenis Jenis Cucak Ijo
Di Tanah Air sendiri burung cica daun ini terdapat dalam berbagai jenis yang tersebar luas di beberapa pulau, mulai dari pulau dewa, borneo dan pulau emas. Dan sedikitnya ada 4 jenis cucak ijo yang terkenal, diantaranya adalah cucak ijo jawa timur (banyuwangi), mini, kalimantan dan sumatra. Cucak ijo habitat aslinya memang di hutan, dan hidupnya secara berkelompok,terkadang juga akan pindah tempat, dari tempat satu ke tempat lainnya. Dan Makanan kesukaan saat di alam liar sendiri meliputi kroto, jangkrik, ulat, dan buah-buahan. Berikut diskripsi singkat mengenai macam jenis cucak ijo di Indonesia lengkap beserta gambar.

1. Cucak Ijo Jawa Timur, Jember, banyuwangi, & Sekitarnya.


Pada umumnya, sebagian besar burung cucak ijo yang berasal dari wilayah Jawa Timur, baik Jember maupun Banyuwangi ditandai dengan postur tubuh dan kepala yang agak besar. Cucak ijo Jawa Timur bisa dibilang agak mirip dengan cucak ijo yang berasal dari Kalimantan, dan cukup sulit untuk membedakannya, karena banyak pula cucak ijo Kalimantan yang ciri-cri fisiknya mirip. Saat ini cucak ijo Jawa Timur atau Banyuwangi bisa dibilang sulit ditemukan di hutan, maka dari itu diperkulan kewaspadaan terhadap penjual cuak ijo dengan brand Banyuwangi.

2. Cucak Ijo Mini


Kalau untuk jenis cucak ijo yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu "mini" maka sudah pasti bahwa ukuran tubuh cucak ijo mini ini yang paling kecil dari jenis cucak ijo yang telah kami sebutkan di atas. Sekilas memang terlihat warna cucak ijo mini hampir sama dengan cucak ijo Kalimantan karena warnanya yang polos, tetapi warna hijau mini agak lebih matang, dan tidak ada warna biru pada wajahnya. Cucak ijo mini terkenal dengan variasi voleum suara yang terkadang keras/lantang dan terkadang pelan, tapi dari segi keindahan hampir semua jenis cucak ijo suaranya terdengar merdu dan indah.

3. Cucak Ijo Sumatra


Cucak ijo Sumatra juga mudah sekali dikenali, karena memiliki ciri-ciri yang berbeda, yakni terletak pada sekitar kepala bagian atas yang berwarna kuning, dan warna biru mengilap pada bagian pipinya. Pada umumnya, jenis cucak ijo Sumatra adalah cucak ijo yang ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan dengan jenis cucak ijo Jawa Timur dan Kalimantan. Selain itu juga harganya yang relatif lebih murah yang dijual di pasaran.

4. Cucak Ijo Kalimantan


Cucak ijo Kalimantan termasuk jenis cucak ijo yang paling mudah dikenali, karena sebagian besar warnanya adalah hijau mudah, dan ketika dewasa biasanya tidak terdapat warna biru pada sekitar wajahnya. Cucak ijo yang satu ini ukuran tubuhnya relatif lebih kecil dari cucak ijo Jawa Timur, selain itu juga bentuk tubuhnya cenderung lebih bulat.

  5. Cucak Ijo Rante (Ranti)


Cucak ijo rante ini memiliki 4 warna yang berkombinasi, mulai dari warna hijau, kuning, biru, dan hitam. Cucak ijo yang satu ini ukuran tubuhnya lebih kecil dari cucak ijo mini, jadi bisa dibilang yang paling kecil dari semua jenis cucak ijo yang telah kami sebutkan di atas. Dari segi suara, cucak ijo ranti ini tidak sekeras atau selantang cucak ijo besar.

Demikianlah ulasan tentang Mengenal Jenis Cucak Ijo Plus Gambar yang patut untuk anda ketahui, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat kicau mania, khususnya penggemar burung cucak ijo. Sallam CImania.!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Jenis Cucak Ijo Plus Gambar