Trik Jitu membuat Burung Makan Voer



Burung muda hutan adalah burung yang membutuhkan perawatan yang sama sekali berbeda dengan burung yang sudah lama dipelihara atau yang dipelihara sejak trotol, terutama dalam masalah menu makanan. Burung yang hidup di alam bebas sama sekali tidak mengenal voer dan karenanya Anda harus bisa melatihnya supaya bisa makan vor. Dan mengajari burung hasil tangkapan hutan makan voer seperti ini gampang-gampang susah sebab voer ini bukanlah makanan yang biasa dimakan olehnya. Karenanya, Anda harus mempunyai cara jitu supaya burung bakalan Ansda bisa makan voer dengan cepat.

Ada sebagian orang yang menganggap melatih burung bakalan makan vor sangat susah padahal jika dilakukan dengan cara yang benar sangat mudah. Menggunakan cara yang baik  dan benar memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang lebih baik daripada menggunakan cara yang asal. Burung Anda bisa makan voer lebih cepat dengan mudahnya sehingga burung Anda pun cepat beradaptasi dengan rawatan manusia.

Lalu bagaimana cara yang paling efektif mengajari burung bakalan makan voer? Cara yang paling efektif yang selama ini saya lakukan adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan
Sediakan voer halus merek apa saja
Satu saset susu bubuk merek apa saja
Kroto segar secukupnya
Satu cepuk ukuran sedang

Cara membuat dan pemakaian
Taruh kroto segar ke dalam cepuk
Ambil voer halus dengan takaran kurang lebih setengah porsi kroto
Taburkan susu bubuk ke dalam cepuk dengan takaran seperempat porsi kroto
Aduk semua bahan sampai rata lalu berikan pada burung Anda
Setiap hari, porsi kroto dikurangi sementara porsi vor ditingkatkan

Adonan ini sebaiknya diganti setiap hari karena dikhawatirkan kroto yang terlalu lama menjadi basi sehingga berbahaya bagi kesehatan burung. Selain itu, pastikan susu bubuk yang Anda campurkan juga tidak terlalu banyak sebab berpotensi menyebabkan mencret. Susu bubuk di sini hanya berfungsi sebagai pelengket vor pada kroto sehingga memudahkan burung makan vor karena menempel pada kroto.

Lakukan cara ini sampai burung bakalan Anda bisa makan voer dengan baik. Caranya adalah perhatikan fesesnya, jika feses burung berwarna putih (feses yang berasal dari kroto) berarti burung Anda belum makan voer. Sebaliknya, jika warna fesesnya sudah berubah sesuai warna voer, besar kemungkinan burung Anda sudah makan voer dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencoba memberikan cepuk lain yang telah diisi dengan vor dan menaruhnya di samping cepuk oplosan. Beberapa saat kemudian, perhatikan apakah burung Anda sudah mau makan voer apa belum. Atau Anda bisa langsung mengambil cepuk oplosan dan menggantinya dengan cepuk yang telah diisi voer tersebut. Beberapa jam kemudian, periksa lagi fesesnya. Jika burung bakalan Anda ternyata sudah sudah bisa makan voer, Anda tidak perlu lagi menaruh atau membuat oplosan tersebut. Sebaliknya, jika ternyata belum mau makan vor yang Anda sediakan, cobalah taruh kembali cepuk oplosan tersebut. Namun biasanya, 3 hari maksimal burung sudah bisa makan voer dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Jitu membuat Burung Makan Voer